Selasa, 17 Agustus 2010

Calon Penghuni Surga


Dari abdullah bin Abbas r.a.: Rasulullah Saw., bersabda, "Maukah kuberitahukan kepada kalian tentang istri-istri kalian yang termasuk penghuni surga? Yaitu perempuan yang mencintai suami, mempunyai banyak anak, dan selalu meminta maaf kepada suaminya. Jika ia menyakiti atau disakiti, ia segera mendatangi suaminya dan memegang tangannya, lalu berkata 'Demi Allah, aku tidak akan tidur sebelum engkau ridha kepadaku.'" (H.R. Al Nasa'i)

Hadis di atas menggambarkan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, karakter perempuan Muslim yang shaleh, yaitu perempuan yang mencintai suaminya dan sesalu menjaga ikatan pernikahannya dengan baik. Dialah perempuan idaman yang perhatiannya kepada suami lebih besar dari pada kepada orang lain. Baginya, suami dan keutuhan rumah tangga adalah dua kekayaan yang hakiki dan pusaka yang tidak akan tertandingi oleh harta yang berlimpah. Apabila seorang istri mampu mencintai suaminya, menjalankan kehidupan rumah tangga dengan baik, dan menjaga keutuhan pernikahannya, ia pasti akan meraih surga yang dijanjikannya.

Kedua, istri yang mencintai suami akan senantiasa memohon maaf kepadanya, baik karena telah menyakiti maupun karena disakiti, mendatanginnya dan mencium tangannya untuk memohon kerhidaannya. Ia tidak akan pernah bisa tidur sebelum memperoleh keridhaan suaminya.

Ketiga, istri yang mencintai suami selalu sungguh-sungguh dalam melayani suaminya dan menaati perintahnya. Bahkan, ia mau merendahkan diri dan merasakan berbagai macam kesusahan demi memperoleh ridha Allah Swt.

Keempat, perempuan yang mencintai suami tergerak untuk mengingatkan kelalaian suaminya terhadap kewajiban agama. Ketika suaminya lupa shalat, berdzikir dan menjalankan peran keislaman, ia mengatakan dan menyadarkannya. Inilah empat sifat perempuan yang dijanjikan Surga.[]

Baca artikel lainnya:
Benci Karena Allah [Baca]
Perempuan Yang Kufur Nikmat [Baca]
Perempuan Yang Membela Agama Allah [Baca]
Peran Sosial Bagi Perempuan [Baca]

Tidak ada komentar: