Rabu, 28 Juli 2010

Saf Shalat Yang Utama Bagi Perempuan


Abu hurairah r.a. berkata: Rasulullah Saw. bersabda, "Saf shalat laki-laki yang paling baik adalah yang paling depan, sedangkan saf yang paling buruk adalah yang paling belakang. Sebaliknya, saf shalat perempuan yang paling baik adalah yang paling belakang, sedangkan saf yang paling buruk adalah yang paling depan." (H.R. Muslim)

Hadits di atas menjelaskan bahwa saf paling depan adalah yang paling utama bagi laki-laki. Sebab, saf terdepan lebih dekat kepada imam dan lebih jauh dari saf perempuan sehingga laki-laki tidak melihat perempuan dan perempuan tidak terkena fitnah.

Selain itu, hadits di atas juga menegaskan bahwa saf shalat paling belakang adalah yang paling utama bagi perempuan. Sebab, ia semakin jauh dari saf laki-laki serta semakin kecil kemungkinannya terkena fitnah.

Selanjutnya, ada beberapa adab yang harus dijaga ketika saf laki-laki berdekatan dengan saf perempuan. Diatara adab itu adalah perempuan tidak mengangkat kepala dari ruku' atau sujud sebelum laki-laki mengangkat kepala, dan perempuan sebaikknya keluar dari masjid lebih dahulu -jika tidak ada pintu khusus bagi masing-masing.[]

Baca artikel lainnya:
Shalat Id Bagi Perempuan [Baca]
Shalat Perempuan Di Masjid [Baca]
Memakai Wewangian Ke Masjid [Baca]
Tempat Shalat Yang Utama Bagi Perempuan [Baca]

Tidak ada komentar: