Minggu, 25 Juli 2010

Rahasia Bersedekah dan Beristigfar


Dari Abdullah bin Umar r.a.: Rasulullah Saw. bersabda, "Wahai kaum perempuan, bersedekahlah dan perbanyaklah memohon ampun kepada Allah Swt., karena aku melihat -pada malam isra'- kebanyakan penghuni neraka adalah dari jenis kalian." Seorang perempuan bertanya, "Apakah sebabnya kebanyakan penghuni neraka adalah dari jenis kami?" Beliau menjawab, "Karena kalian sering melaknat dan meremehkan apa yang diberikan suami. Aku juga melihat kebanyakan kalian memiliki kekurangan dalam akal dan agama." Periwayat hadits ini bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan kekurangan akal dan agama?" Beliau menjawab, "Kesaksian dua orang perempuan sebanding dengan kesaksian seorang laki-laki. Inilah yang dimaksud dengan kekurangan dalam akal. Selain itu, ketika sedang haid, perempuan tidak shalat dan tidak berpuasa selama beberapa hari, inilah kekurangan dalam agama." (H.R. Al Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, tentang seberapa besar kebutuhan perempuan terhadap nasihat dan peringatan, serta seberapa besar perhatian Rasulullah Saw. terhadap masalah ini.

Kedua, kemampuan akal bisa meningkat dan bisa menurun, sebagaimana halnya keberagamaan dan keimanan. Kekurangan akal dan keberagamaan pada perempuan disebabkan ketidaksempurnaan perannya dalam melaksanakan ajaran-ajaran agama dan menggunakan akal, baikkarena sifat bawaan maupun karena sifat yang di usahakan.

Ketiga, pengingkaran terhadap nikmat yang diberikan suami adalah perbuatan tercela. Hal yang lebih tercela adalah kebiasaan melaknat, mencela dan berbicara kasar. Bahaya besar yang mengancam kaum perempuan adalah karena sifat-sifat tersebut mendominasi perilaku mereka. Hal ini pula yang menyebabkan kebanyakan mereka diancam dengan akibat yang buruk dan tempat kembali yang seburuk-buruknya.

Hadist ini mendorong kaum prempuan agar mengenali cara terpenting dan jalan tercepat untuk menghindarkan diri dari neraka, yaitu dengan banyak bersedekah dan beristigfar.[]

Baca artikel lainnya:
Sabar Menghadapi Musibah [Baca]
Mendidik Anak Perempuan [Baca]
Larangan Menyakiti Istri [Baca]
Mukmin Yang Terbaik [Baca]

Tidak ada komentar: