Minggu, 25 Juli 2010

Mendidik Anak Perempuan


Dari Abu Musa Al Asy'ari r.a.: Rasulullah Saw. bersabda, "Siapa saja laki-laki yang mempunyai seorang anak perempuan, lalu memberinya pendidikan dengan sebaik-baiknya, mengajari perilaku terpuji dengan sebaik-baiknya, lalu menikahkannya, ia memperoleh dua pahala." (H.R. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini mengegaskan bahwa memberikan pendidikan dan pengajaran kepada istri atau keluarga merupakan tanggung jawab suami. Begitu juga tanggung jawab terhadap anak-anaknya.

Dalam pendahuluan bukunya, Ibnu Sahnun menyebutkan bahwa Isa bin Miskin, seorang hakim yang sangat wara', senantiasa mengajari anak-anak perempuan dan para pelayannya. Seperti kata Iyadh, setiap kali menyelesaikan shalat ashar, Ibnu Sahnun memanggil kedua anak perempuan dan keponakan-keponakan perempuannya untuk belajar Al Qur an dan pengetahuan yang lain. Hal yang sama juga dilakukan penakluk Sisilia, Asad bin Al Furat, terhadap anak perempuannya, Asma' seorang perempuan yang rajin mengkaji ilmu dan memperoleh derajat yang tinggi.

Selain itu, seperti dikutip Abdullah Ulwan dalam Tarbiyah Al-Awlad, juz 2, h.278,Al Khusyini mengatakan seorang pendidik di istana Muhammad bin Al Aghlab senantiasa mengajar anak laki-laki pada siang hari dan anak perempuan pada malam hari.[]


Baca artikel lainnya:
Tempat Shalat Yang Utama Bagi Perempuan [Baca]
Sabar Menghadapi Musibah [Baca]
Rahasia Bersedekah dan Beristigfar [Baca]
Larangan Menyakiti Istri [Baca]

Tidak ada komentar: